Thursday 11 October 2012

Album Terbaru Oh, Nina! 'God Moods': Perayaan Di Umur 9 Tahun

9 tahun melintang di scene musik Indonesia dan masa hibernasi panjang tak menghentikan Oh, Nina! untuk tetap berkarya. Merayakan umur ke-9, duo electronic asal Yogyakarta merilis 'God Moods' sebagai pesta untuk semua penikmat musik. Sebuah album yang sangat dinanti setelah 3 tahun lebih usai 'Highway' hadirkan.

Bagi yang sudah lama mengikuti gerak-gerik Oh, Nina! pasti akan tercengang takala mendengarkan 'God Moods'. Penuh dengan sound-sound yang baru, notasi yang berbeda, serta suasana yang baru. Oh, Nina! terasa sedang berada disebuah titik kulminasi jati dirinya sehingga eksplorasi habis-habisan pun dilakukan. Masih pada jalur electronic namun lebih kepada eksperimental yang dihadirkan.

Tampaknya 3 tahun vakum dari hingar bingar panggung membuat Auf dan Krishna bercermin atas jati diri yang mereka bangun 9 tahun silam. Jikalau dahulu mereka membangun Oh, Nina! atas rasa ingin seperti band yang mereka dengarkan dan spontanitas, kini 'God Moods' dihadirkan dengan dilandasi sebuah konsep dan pemikiran yang matang.

Dilansir melalui Rolling Stone Indonesia, Oh, Nina! bertutur “Kami pengen coba keluar dari zona nyaman. Kami juga pengen membangun sebuah album yang dimulai dari sebuah konsep.”

'God Moods' menawarkan konsep tujuh hari dalam seminggu. Menurut Auf dan Krishna, hari adalah konsep yang paling dekat dengan kehidupan manusia. Dalam 7 hari terjadi berbagai kejadian yang menyangkut dengan perenungan intrapersonal, hubungan interpersonal, bahkan sampai pada tahapan kepada hubungan manusia dengan SANG MAHA PENCIPTA. Tak khayal mereka menciptakan lirik yang kontemplatif mengenai konsep yang mereka usung. Bahkan untuk memperkuat tema yang mereka usung, Oh, Nina! menamai lagu-lagu mereka berdasarkan nama-nama hari.

Contohnya seperti di lagu 'Monday', mereka bercerita tentang hari dimana segala sesuatunya dimulai. 'Friday' hari suci bagi umat Islam, Oh, Nina! memasukan unsur Sholawat dilagu ini. Sedang 'Sunday' diarransment dengan memasukan instrument musik gereja serta dikombinasikan dengan bait doa Budha.

Oh, Nina! merilis 'God Moods' dalam bentuk digital yang bisa diunduh gratis. Akan tetapi ketika disingung tentang rilisan fisiknya, Krishna menjelaskan masih dalam tahap rencana dan kemungkinan akan dirilis dalam bentuk vinyl. Perihal pesta launcing album 'God Moods' pun Krishna masih belum dapat menjawab karena saat ini Auf dan Krishna sedang dalam masa LDR antara Yogya - Jakarta sehingga menunggu momen yang pas. (Ekawan Raharja)

*Tulisan ini juga dimuat di media online Depan Monitor

No comments:

Post a Comment