Sunday 22 May 2011

Leonardo Ringo: Vocal Berat Yang Menggetarkan

Suatu hari ketika sedang memutar salah satu stasiun radio ibu kota, gw mendengarkan sebuah lagu yang cukup asik. Sebuah lagu dengan nuansa akustik, folk, rock, dan sensualitas bermusik yang luar biasa yang sangat jarang sekali gw dengarkan. Sungguh itu pertama kali gw mendengarkan lagu tersebut dan gw tak tahu siapa yang menyanyi dan apa judul lagu tersebut; namun di akhir lagu sang vokalis pria yang bersuara berat bak orang yang sedang mabuk berteriak memperkenalkan sang vokalis wanita yang tak lain adalah Leni Layli (Ex-Amazing In Bed). Kontan googling pun diaktifkan dan memasukan berbagai keyword yang gw tahu dan akhirnya I got the song. The song is Blatant - Leonardo Ringo feat. Leni Lani.

Awalnya gw pun tak mengerti siapakah Leonardo Ringo ini, manusia cerdas dari mana lagikah mahkluk satu ini. Ketika gw menelisik lebih lanjut tentang siapakah penyanyi yang luar biasa ini yakinlah saya tahu bahwa ia adalah Leonardo Ringo dan lebih dikenal sebagai drummer Zeke And The Popo. Gw memang tak begitu mengikuti tentang Zeke And The Popo selain Profesor Komodo dan Mighty Love mereka, namun akhirnya gw mengerti yakni Leonardo Ringo

Gw mungkin biasa saja dengan Zeke And The Popo mereka namun jujur gw jatuh cinta dengan suara vokal yang berat ala Leonardo Ringo. Suara yang dimiliki oleh Leonardo Ringo adalah tipikal suara yang amat gw sukai. Sudah lama sekali gw tidak mendengarkan tipikal suara tersebut setelah alm. Broery Marantika ataupun Bob Tutupoly. Selalu meninggalkan kesan yang mendalam dan efek yang luar biasa dengan jenis suara yang berat dan dibawakan dengan baik.

Saat ini Leonardo Ringo memiliki sebuah album solo yang bertajuk The Sun. Sebuah judul yang diambil dari perkatan Budha "Three things cannot be long hidden : The Sun, the moon, and the truth." Apakah ini sebuah album trilogi yang akan dibuat oleh manusia jenius ini? liat saja nanti kelak. The Sun mungkin harus anda koleksi karena materi yang disajikan oleh Leonardo Ringgo pun sangat menjanjikan. Kebahagiaan, kemarahan, kesedihan, ketakutan, kegetiran, kekecewaan, dan banyak hal lainnya yang disajikan oleh Leonardo Ringo dalam album ini. Kematangan materi album The Sun ini tak lepas dari 18 tahun Leonardo Ringo bergelut dengan dunia musik. Kematangan materi yang dimiliki Leonardo Ringo pun terbungkus dengan baik dengan campur tangan Hendra Perdana (Anda) yang berlatar belakang rock dan Dharmo Soedirman yang berlatar belakang jazz sebagai Produser dari album ini. Masalah arransemen musik pun Leonardo Ringo pun tak perlu khawatir karena dibantu oleh segenap musisi handal yakni Emil Hussein (Naif), Kartika Jahja & Susan Agiwitanto (Tika & the Dissidents), Indra Perkasa (Tomorrow’s People Ensemble), Lani Leyli (Amazing in Bed), Ricky Surya Virgana (White Shoes & the Couple’s Company), Rayendra Yuditia (ZATPP), Christo Putra (Dear Nancy), Mian Meuthia, Mian Tiara, Filipus Davefriz, Chroma String Quartet, Galaxy Big Band dan David Tarigan. Tak hayal Album The Sun mungkin salah satu album yang wajib anda koleksi.

Kesimpulanya dari review kali ini adalah segera beli album The Sun karena hanya di copy sebanyak 1000 buah dan takkan di copy lagi. Materi yang matang akibat 18 tahun bergelut dengan dunia musik, di bantu oleh berbagai musisi handal dalam pengerjaannya, dan suara vokal yang berat Khas Leonardo Ringo membuat anda harus berpikir ulang betapa pentingnya album The Sun ini.

Leonardo - Insecure


Leonardo Feat. Leni Leyli - Blatant

No comments:

Post a Comment