Thursday 7 March 2013

Musium Affandi: Artefak Seni Yang Terjaga Semestinya

Berawal dari sebuah ide dadakan dan tidak terencanakan dengan terlalu lama, mendadak spontan ketika bingung didalam mobil. Tercerus sebuah destinasi dengan yakin dan tegas Musium Affandi. Mendengar namanya saja, orang awam akan tahu bahwa Affandi adalah ahli seni potraitur kenamaan Indonesia. Harum namanya tidak hanya di Indonesia semata, namun menembus batas global. Salah satu pahlawan Indonesia dibidang seni kontemporer.
Lukisan Affandi
 Ketika masuk kedalamnya, akan terasa aura magis seni yang terpancarkan dengan hangat. Orang awam yang tidak mengerti seni pun mendadak akan mendapatkan sebuah pencerahan dan pembelajaran penting tengan pahlawan kenamaan ini. Beliau mengabadikan seluruh hidupnya untuk seni, dan matinya pun untuk seni. Jenis dan tidak terbantahkan. Jejeran lukisan absurd landscape hingga potret narsis wajahnya sendiri tertata dengan indah, apik, dan jelas terawat. Ketika anda masuk kedalamnya, tiket seharga Rp. 20.000,- menjadi sebanding dengan apa yang anda dapatkan. Seni yang berbalut dengan pendidikan sejarah pun terpaparkan dengan apik dan menyenangkan ditempat ini. Selain itu, posisinya yang terletak ditengah kota sangat mudah untuk menjangkaunya.
Patung Wajah Affandi dan Kartika
Musium Affandi, menyimpan berbagai jenis seni karya seniman kebanggan bangsa ini. Terjaga dengan baik dan sangat menyenangkan didalamnya. Ruangan yang nyaman pun dipancarkan, tidak seperti musium pada umumnya yang lembab dan apek. Tidak banyak musim seni Indonesia yang terjaga dengan baik, seperti halnya Lokananta. Berbagai artefak seni musik berada disana dan tergeletak tidak terawat disana. Menyedihkan. Semoga segera musium di Indonesia dibuat lebih nyaman dan semua barang didalamnya terjaga dengan baik.
Poster kurasi seni di Jakarta mengenai karya Affandi
Buku daftar hadir tamu serta kesan pesan pengunjung

No comments:

Post a Comment