Friday 10 December 2010

Final Indiefest Regional Yogyakarta

Indiefest adalah festival band yang menjaring band-band indie di Seluruh Indonesia. Festival ini menjaring band melalui audisi di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Tadi malam, 10 Desember 2010, adalah final untuk regional Yogyakarta yang diselengarakan di Stadium Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Sebenarnya acara final ini diselengarakan di Yogyakarta pada tanggal 30 November 2010 namun akibat bencana alam yang menimpa Yogyakarta, acara final ini dipindahkan ke Kota Semarang.


Indiefest kali ini menghadirkan 4 finalis dari Yogyakarta dan beberapa band lainnya seperti KOIL, ST 12, Gigi. Bottlesmokers, The Banery, Kuburan, Endah and Rhesa, dan Endang Soekamti. Pada acara final regional ini cukup sepi dikarenakan hujan yang turun membasahi kota penghasil Lumpia ini sepanjang hari dan membuat banjir kota semarang termasuk Venue Indifest kali ini. Banjir sepanjang hari membuat Gor Diponegoro bagai sawah di tengah kota, lumpur yang licin, genangan air, dan banjir di sekeliling lapangan tampaknya mempengaruhi penonton untuk tidak datang ke acara ini.

Acara di mulai pukul 8 malam. Penampilan pertama di buka oleh 4 Finalis dari Regional Yogyakarta. Band pertama adalah Soul of Pain yang beraliran Rock, kedua adalah Popradio yang beraliran British Pop, kemudian The Cadenzza yang beraliran Rock, serta terakhir adalah Cashback yang mengusung alternatif pop rock. Mereka semua mengaransmen ulang lagu-lagu dari band-band ternama dan membawakan hits single mereka pada Indiefest kali ini. Sehabis itu acara ini di lanjutkan oleh Endang Soekamti yang berduet dengan Endah and Rhesa. Mereka mengesplorasi beberapa lagu mereka masing-masing sehingga terciptalah aransmen baru yang luar biasa. Penampilan berikut dihadirkan oleh band-band asal Bandung yaitu Bottlesmokers, Kuburan, dan The Banery. Pada awal penampilan, mereka membawakan lagu mereka masih-masing dan kemudia selanjutnya mereka mengaransmen ulang lagu Keong Racun. Tiada yang special dalam aransmen lagu mereka, namun visualisasi yang mereka hadirkan sangat kreatif dan luar biasa. Sehabis Trio Kota Bandung ini, saatnya Gigi unjuk kebolehan. Seperti biasa kualitas gigi dalam penampilan mereka sangat berkualitas. Sound yang rapih, penampilan yang bertenanga, dan hits mereka yang luar biasa terkenal membuat Gigi patut untuk disimak dan menjadi juara pada penampilan malam kali ini. Terakhir adalah penampilan dari Koil yang berduet dengan ST 12. Banyaknya STSIA, fans dari ST 12, yang hadir memberikan passion yang berbeda pada malam ini. Duet mereka usai bertanda acara Indiefest Regional Yogyakarta telah usai.

Siapakah yang akan menjadi juara Indiefest Regional Yogyakarta dan masuk kedalam album Kompilasi Indifest 2010? Mari kita tunggu keputusan dewan juri!

Thanks to:
Popradio dan Popradio mates

No comments:

Post a Comment