Sunday 26 December 2010

Support Tim Nasional Indonesia

Hallo Abstrakers. Bagaimana weekend anda? tampaknya weekend yang buruk kalau anda yang menonton Timnas kita bertanding di Final Leg ke-1 AFF Cup. Namun ada beberapa pendapat gw tentang pertandingan Final AFF semalam yang mungkin mengecewakan kalian para supporter Indonesia.

Oia, sebelumnya selamat untuk Malaysia yang telah menang 3-0 terhadap Indonesia. Terlepas para supporter bermain laser ataupun mencomooh tapi yang namanya menang yah menang dan kalah yah kalah. Lepaskan rasa benci dan kita bermain supportif.

Kembali kepada permasalahan final dan kekalahan Timnas, ada beberapa catatan dari gw yang harus dibaca oleh para supporter dan berbagai elemen masyrakat lainnya; yakni:

1. Laser
Jelas sekali pada pertandingan semalam, beberapa oknum supporter Malaysia menyorotkan laser kepada para pemain Timnas kita. Markus Harris Maulana adalah pemain yang acap kali disoroti laser karena ia adalah pemain yang paling vital dalam posisi di Indonesia. Hal ini membuat pendukung Indonesia geram dan marah akan perilaku ini. Namum apakah kalian atau bahwa oknum suppoter kita pun berlaku demikian terhadap lawan-lawan dari Timnas di GBK kemarin? Banyak yang menghujat Malaysia akan kecurangan ini namun sudahkah kita sadar akan perilaku kita? Sudah pantaskah kita menghujat mereka kalau ternyata kita pun juga berlaku demikian terhadap lawan-lawan kita di GBK? Think twice and be wise. Saya harap supporter Indonesia tak melakukan hal hina ini dan bisa menjadi supporter yang terbaik.

2. Wasit
Pro kontra banyak yang terjadi masalah kepimimpinan wasit. Banyak orang, terutama supporter Indonesia, menyalahkan kinerja wasit yang dianggap berpihak sebelah. Akan tetapi menurut saya wasit sudah cukup adil dan memimpin pertandingan dengan cukup baik. Wasit pun juga manusia adakalanya wasitpun tak melihat kesalahan pemain namun secara overall sudah memimpin dengan baik. kita dapat melihat saat pemain Malaysia diganjar kartu kuning atau saat menjelang pluit akhir ditiup, banyak sekali service-service bola mati yang diberikan kepada pemain timnas kita perihal pelanggaran yang dilakukan Malaysia. 

3. Performa Pemain
Pertandingan semalam mungkin bukanlah permainan terbaik yang diberikan oleh pemain timnas. Mungkin inilah permainan terburuk selama AFF 2010 digelar. Tak seperti biasanya, bola-bola tak bisa mengalir dengan baik kepada ujung tombak Gonzales ataupun Yongki, Firman tak bisa mengatur permainan dengan baik seperti biasanya, dan para pemain belakang tak cukup konsentrasi dalam menutup gerakan pemain lawan sehingga terciptalah 3 gol untuk Malaysia. Terlepas hal tersebut kita pun harus menggaris bawahi permainan Malaysia yang lebih baik, bagaimana mereka melakukan pressing yang sangat ketat, supply bola yang lebih baik, dan pertahanan mereka yang rapat perlu diberikan appresiasi sehingga kita tak dapat mengembangakn permainan. Ketika pula kita melepas segala aspek permainan di lapangan hijau, saya yakin dengan seluruh hati saya, para pemain timnas telah berjuang sepenuh hati dan sepenuh tenaga untuk memberikan yang terbaik kepada Merah Putih. saya selaku supporter Indonesia, memberikan hormat kepada mereka yang telah berjuang. Ketika ada dari orang Indonesia yang menghujat mereka maka sesungguhnya mereka adalah adalah orang yang tak tahu berterima kasih dan SOK! keparat untuk orang macam itu!

4. Media dan Politisasi
Menurut gw ketika saat ini timnas kalah, haruslah media massa yang harus bertanggung jawab. Pemberitahuan oleh media massa yang berlebihan dan terkesan menyanjung secara berlebihan membuat kita semua lupa mawas diri. Kita terlalu takabur dan sombong untuk tetap menginggat bahwa lawan kita pun juga lawan yang berat. Lupakah kita untuk menginjak tanah ketika Sang Garuda terbang tinggi? Ingat kadang kita diatas dan kita pun juga bisa dibawah. Media membuat kita lupa bagaimana rasanya kita dibawah. Dengan pemberitaan yang berlebih dan intensitas yang terlalu merusak segalanya. Jangan takabur dan jangan lupa mawas diri. Apalagi ketika keberhasilan AFF ini di claim oleh berbagai pihak dan sebagai kendaraan politik. Secara langsung atau pun tidak, ini mengganggu psikologis persiapan pemain timnas kita.

Itu beberapa hal yang gw soroti dalam AFF semalam. gw berharap di leg ke-2 Indonesia bisa menang 4-0 atau lebih sehingga kita bisa menggangkat tropi AFF untuk pertama kali. Dan teruntuk supporter tetap semangat dan dukung timnas sampai titik darah pengahabisan TANPA LASER DAN PETASAN. Kita adalah ASA GARUDA dan PEMAIN KE-12 TIMNAS INDONESIA.

Bravo Timnas Indonesia,
Support Garuda!

No comments:

Post a Comment