Saturday 7 July 2012

After Sunset Risky Summerbee & The Honeythief: Serangan Experimental Rock di Common Room bandung

Poster After Sunset Risky Summerbee & The  Honeythief
5 Juli 2012 yang terpijak di hari kamis, bukan waktu yang ideal sesungguhnya untuk melaksanakan ritual gigs. Akan tetapi show must go on dan kapan pun terselenggarakan tiada masalah. Ritual bermusik pun harus dimulai.
Common Room Bandung
Acara After Sunset Risky Summerbee & The Honeythief merupakan sebuah rangkaian perjalanan band Experimental Rock asal kota gudeg, Risky Summerbee & The Honeythief, menuju arah barat. Setelah usai menaklukan kerasnya ibukota, maka mereka diundang oleh gigsplay untuk singgah ke Bandung. Common Room pun dipilih untuk dijadikan tempat ritual. Pukul 19.00 dan ritual pun dimulai. Band pembuka untuk acara ini, band tuan rumah mulai memanaskan manggung untuk pertama Flukeminimix. Sebuah band yang motori oleh Farris Karamy Gibran (piano, guitar, vocal), Putri Dwi Uttari (guitar, vocal), Ibrahim Adi Surya (lead guitar), Rangga Damaputra (guitar), Iqbal Amarullah (bass, glockenspiel), Roby Aldino (drum), Purnama Novi (cello) dan Okky Ade Chandra (contra bass). Akan tetapi tampaknya malam ini mereka tidak melaju dengan personil yang penuh. Sedikit absurd di awal ketika mendengarkan Fluxeminimix. Sound yang cukup kompleks serta rumit karena perkawinan antara Shoegaze, Indie Rock, serta Pop Ambient. Diawali dengan suasana yang kalem dan teduh, kemudian beranjak menjadi ekspresif, kasar, serta penuh dengan suara-suara asing membungkus penampilan Fluxeminimix. Perlahan tapi pasti, mereka mampu memanaskan Common Room malam tersebut dan dilagu terakhir akan terasa sekali bagaimana cara yang pas untuk menyimpulkan Fluxeminimix. Sekitar 30 menit sudah mereka memanaskan dan saatnya Risky Summerbee & The Honeythief untuk mengambil alih kendali.

Flukeminimix
Flukeminimix
Fluxeminimix
Fluxeminimix
Risky Summerbee & The Honeythief adalah mengenali sound mereka. Selama ini sound yang dikenal hanya sebatas 'Days Elapsed' dan itu, bagi pribadi, bukan track yang pas untuk memulai menjelajahi mereka. Pukul 19.45 dan gitar pun langsung dikebut. Risky Summerbee (vocals/guitar/keyboards), Erwin Zubiyan (guitars/keyboards), Widihasmoro Risang (piano/keyboards), Doni Kurniawan (bass), dan  Yuda 'bable' (drums/toys) langsung memainkan 'In The City'. Penonton yang sedari tadi berada di luar, langsung masuk ke dalam dan mencari posisi terbaik yang mereka bisa gapai. Beberapa kali Risky memberikan ceramah singkat tentang lagu-lagunya dan bocoran untuk album Risky Summerbee & The Honeythief. Lagu demi lagu dialunkan, gitar semakin meraung, bass kian mencabik telinga, drum dengan rentetannya yang tak kenal lelah, serta dentingan tuts demi tuts menjaga keindahan lagu-lagu. Ketika 'The Place I Wanna Go' dimainkan, dan inilah jawaban atas pertanyaan di atas. Sebuah lagu yang menggugah rasa untuk mulai menyelami Risky Summerbee & The Honeythief. 'Picture of Yesteryears' didaulat untuk menjadi lagu penutup dan Erwin benar-benar memanaskan gitarnya sampai suhu mendidih
.
Risky Summerbee & Honeythief
Risky Summerbee & Honeythief
Risky Summerbee & Honeythief
Risky Summerbee & Honeythief
Risky Summerbee & Honeythief
Risky Summerbee & Honeythief
Risky Summerbee & Honeythief
Semua puas dan semua senang. Alunan riuh tepuk tangan menjadi penanda keriaan ini telah usai. 20.30 dan saatnya untuk kembali menuju realitas. Ritual senang-senang telah usai dan keriaan yang melekat di benak semuanya.

Setlist Risky Summerbee & The Honeythief:
1. In The City
2. Flight To The Amsterdam
3. Relovution
4. I Walk In The Country Mile
5. Fireflies
6. With You
7. Slap And Kiss
8. Place I Wanna Go
9. Picture of Yesteryears

6 comments:

  1. and my name is not "sevri hadi"... my name is "Yuda Hasfari Sagala" you can call me "bable". The "Sevri Hadi" guy is already left the band.. nice to know you mr blogger XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya ralat, mas. maaf saya salah ketik, saya mengambil itu dari web risky summerbee dan the honeythief. sekali lagi maaf :)

      Delete
  2. wah asik Risky Summerbee & The Honeythif ..
    Band fave saya :D

    ReplyDelete
  3. terima kasih untuk review nya..salam kenal *flukeminimix

    ReplyDelete