Saturday 30 October 2010

Anti Kemapanan

30 Oktober 2010, Slank sedang konser di Solo dan gw sedang bermalam minggu dengan beberapa teman-teman lama. Gw mengakhiri malam minggu ini lebih awal karena ada keperluan yang cukup berbahaya. Jam tangan waktu itu menunjukan pukul 11.15 WIB. Ketika sedang melewati daerah konser Slank di Stadion Sriwedari, seperti biasa para Slankers yang habis dipuaskan oleh Slank keluar dengan tertib berlalu lintas karena mereka berjalan kaki. Seperti biasa pula dandanan mereka yang beratribut Slank dan cukup slengean menjadi ciri khas tersendiri. Seketika gw teringat akan ide abstrak gw tentang "Anti Kemapanan".

Gw sering mempertanyakan apakah anti kemapanan ini yang sesungguhnya. Banyak anak muda masa kini dan masa-masa sih masih muda yang mengaku dirinya anti kemapanan. Saat ditanyakan apakah itu anti kemapanan, bak paduan suara mereka berucap "gak punya duit, orang gak punya, menggembelkan diri, bla bla bla, dan sejenis". Bagi mereka inti dari anti kemapanan adalah berkisar pada harta materi dan kroni-kroni. tidak hidup mewah, berlaga bukan orang yang berkecukupan, ataupun menolak untuk berstatus kaya. Apaka h ini inti dari anti kemapanan?

Secara bahasa atau etimologi, anti kemapanan terdiri atas 2 kata yaitu Anti dan kemapanan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Anti itu berarti tidak setuju; tidak suka; tidak senang. Sedangan kemapanan adalah hal keadaan mantap; kepuasan dengan diri sendir. Jadi anti kemapanan adalah tidak suka dengan kepuasaan diri sendiri. Intinya adalah rasa ketidakpuasan terhadap diri sendiri. Ini adalah sifat dasar dari manusia yang tak pernah puas akan apa yang telah dipunyai. Kalo menurut pemikirian gw, ini lebih mengacu pada cara berpikir seseorang. Mereka, kaum anti kemapanan, biasanya mereka selalu tidak akan pernah puas akan apa yang telah dicapainya. Apabila ini menyangkut harta, maka mereka tidak puas dengan apa yang telah di perolehnya. Apabila menyangkut dengan suatu konsep ataupun ide-ide yang telah ada, maka mereka tidak akan pernah puas akan ide tersebut dan selalu mencari ide-ide yang lain yang lebih baik. Anti kemapanan pada masyarakat berarti mengandung kedinamisan dalam bermasyarakat. Selalu menciptakan hal-hal yang baru dan lebih baik. Anti kemapanan menciptakan suatu kaum apa masyarakat yang kritis dan dinamis.

Sekian sedikit pencerahan tentang konsep anti kemapanan. Abtrakers boleh saja setuju atau tidak kerena absurd dan abstrak pun dinamis.
keep absurd, abstrakers!

No comments:

Post a Comment